March 22, 2012

Apasih Exchanges Program AFS-KL YES itu ? 0,o

Halo adik-adik! Tanggal 16 Maret – 15 April 2012 Chapter Jakarta membuka pendaftaran bagi siswa kelas X/1 SMA/SMK/MA/sederajat boleh mendaftar untuk program pertukaran pelajar yang seru ini. Kalau terpilih, kamu akan diberangkatkan di tahun 2013-2014 nanti.  Mau tau lebih banyak tentang program ini? Semoga tanya-jawab ini bisa membantu ya.

1. Apa sih AFS dan Bina AntarbudayaAFS adalah salah satu program pertukaran pelajar. Di Indonesia AFS punya rekan namanya Bina Antarbudaya yang setiap tahun memberangkatkan siswa SMA dari berbagai latar belakang budaya, ekonomi, etnis ke berbagai negara di dunia. Bina Antarbudaya berbasis relawan dengan 18 chapter di seluruh Indonesia: Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bogor,BandungJakarta, Karawang, SemarangJogjaMalang,Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Bali, Mataram, Balikpapan, dan Samarinda.

2. Siapa yang boleh mendaftar? Semua siswa yang duduk di kelas  X/1 SMA/ SMK/MA saat mendaftar boleh mengikuti seleksi. Kandidat akan dipilih melalui tiga tahap seleksiPendaftaran tidak dibuka untuk siswa kelas XI/2 SMA

3. Saya siswa akselerasi, boleh mendaftar? Boleh. Tapi  jangan lupa isi Surat Keterangan Akselerasi ya. Surat ini hanya untuk mereka yang saat ini sedang mengikuti program akselerasi, kalau kamu aksel waktu SMP tidak perlu melampirkan surat ini .

4.  Wah, susah ya pakai seleksi. Memang tahapannya apa saja? Setiap chapter akan melakukan rangkaian proses yang sama:
§  Pendaftaran: 16 Maret – 15 April 2012 – di Prambors Concept Store dan SMAN 2 Tangerang Selatan
§  Seleksi Tahap I:  Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dan Essay Bahasa Indonesia – 29 April 2012 – di FISIP Universitas Indonesia
§  Seleksi Tahap II: Wawancara Kepribadian dan English Interview – 20 Mei 2012 – di Universitas Bakrie (dalam konfirmasi)
§  Seleksi Tahap III: Dinamika Kelompok – 10 Juni 2012 – di STBA LIA Pangadegan
§  Tahap Nasional: Seleksi Berkas
§  Untuk Program YES tambahan Seleksi Nasional.

5. Musti rangking dong? Nilai raport dan performa akademis hanya menjadi salah satu elemen penilaian kami, tapi bukan satu-satunya. Tidak semua siswa yang rangking berhasil menjadi kandidat, tetapi semua yang menjadi kandidat pastinya berhasil menunjukkan mereka pintar dengan karakter mereka masing-masing.

6. Musti jago Bahasa Inggris dong? Kamu belum tentu ditempatkan di negara berbahasa Inggris, jadi kesempurnaan berbahasa Inggris bukan yang kami cari. Selama kamu bisa menunjukkan kamu berusaha untuk berkomunikasi (setidaknya) dengan keterbatasan bahasa yang ada, seharusnya tidak ada masalah. Menurut pengalaman di negara tujuan selain bahasa, akan ada halangan budaya, kebiasaan, dan lainnya. Jadi setidaknya kami bisa memulai dari yang paling sederhana, kan?

7. Program pertukaran pelajarnya ke mana saja? Kami ada 9 pilihan negara: Amerika Serikat, Jepang, Swiss, Jerman, Italia, Perancis, Norwegia, Belanda, dan Belgia. Untuk siswa akselerasi, pilihan negara hanya: Jerman, Jepang, Italia, Belgia, dan Belanda (referring ke Surat Pernyataan Akselerasi).  FYI, kamu boleh memberi rekomendasi negara pilihan kamu saat pengisian formulir, tetapi penempatan kamu di mana tergantung keputusan Dewan Juri Nasional dan kuota setiap negara.

8. Memang berapa yang terpilih untuk berangkat? Kuota setiap tahun berbeda dan ini ditentukan banyak hal. Tetapi, jumlah siswa yang diberangkatkan dari seluruh Chapter di Indoneisa untuk semua program ada di kisaran 80-100 siswa per tahunnya.

9. Tunggu, ini pasti ada biayanya dong? Bina Antarbudaya adalah program nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya. Kami memastikan, bahwa siswa/siswi yang kami kirim merupakan siswa/i terbaik yang terpilih melalui seleksi, tanpa memandang latar belakang ekonominya. Dan siswa Indonesia yang layak berangkat datang dari berbagai keadaan ekonomi. Untuk saat ini biaya yang perlu kamu pikirkan hanyalah biaya pendaftaran Rp. 50.000,-. Beranikan diri kamu untuk mendaftar dan fokuskan diri untuk melewati setiap tahapan seleksi. Kalau kamu memang kandidat yang layak untuk berangkat, kami akan berusaha semampu kami agar kamu bisa berangkat walaupun ada keterbatasan biaya. Selama ini kami juga mencarikan sponsor dan melakukan subsidi silang dengan kandidat yang secara ekonomi lebih mampu.

10. Ah, tetap saja musti bayar kan, saya tidak akan mampu!It breaks our heart to see financial situation hinder you from applying, cause we will never know what you've got if you don't try. Sekali lagi, ikuti tahapan seleksi dan tunjukkan kepada kami kamu layak berangkat. Kakak-kakak returnee yang sudah ada, datang dari berbagai keterbatasan ekonomi dan mereka berhasil menunjukkan kemampuan mereka dan akhirnya berangkat :) .Seneng kan, kalau itu terjadi :) .

11. Memangnya tidak ada beasiswa? Program Bina Antarbudaya pada dasarnya adalah program beasiswa yang terbagi menjadi beasiswa parsial/penuh. Di host countryhost family dan sekolah melakukannya dengan sukarela. Kami memiliki berbagai sponsor untuk membantu pendanaan program ini dan memastikan siswa Indonesia bisa mengalami pengalaman antarbudaya. Sponsor kami datang dari berbagai perusahaan, individu, pemerintahan negara tujuan, dll.

12. Beasiswa yang ada apa saja?
§  Program YES : disediakan oleh US State Department untuk negara dengan populasi muslim yang signifikan. Pemilihan dilakukan lewat seleksi di tingkat nasional bagi kandidat chapter yang telah dipilih.

13. Apa saya bisa memilih lebih dari satu program? Bisa, seperti halnya pemilihan negara, kamu boleh memberikan rekomendasi program yang kamu inginkan, tetapi keputusan penempatan program bergantung kepada hasil tahapan seleksi dan rekomendasi tim juri. Program yang kami tawarkan di tahun ini:
§  AFS: Program pertukaran pelajar selama 11 bulan ke sembilan negara: Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Belanda, Swiss, Norwegia, Italia, Perancis, Belgia. Keberangkatan : Maret (Jepang) & Agustus / September (Eropa & A.S) ; Waktu Kedatangan: Februari(Jepang)  & Juli (tahun berikutnya)
§  The Kennedy-Lugar YES Program: Program beasiswa pertukaran pelajar dari US State Department bagi pelajar dari negara dengan populasi penduduk Muslim yang signifikan. Pelajar dari tingkat chapter akan melalui seleksi tambahan di tingkat nasional sebelum akhirnya terpilih dalam program ini. Selama 11 bulan siswa akan tinggal dan melalui kehidupan sebagai pelajar di berbagai negara bagian di Amerika Serikat dalam menjalani misi pemahaman budaya. Berangkat: Agustus, Kepulangan: Juli tahun berikutnya

14. Saya tidak tinggal di Jakarta, apa saya masih bisa mendaftar? Ya, kamu bisa mendaftar ke chapter yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu. Ingat, cari yang paling memudahkan kamu, karena selama proses pendaftaran hingga akhirnya terpilih sangat mungkin kamu diminta untuk datang ke chapter setempat. Kalau kamu merasa akses yang termudah adalah ke Jakarta, kamu boleh saja mendaftar di Chapter Jakarta. Tanggal pendaftaran di setiap chapter berbeda-beda, harap menghubungi chapter masing-masing secara langsung mengenai jadwal yang lebih akurat. Kunjungi www.bina-antarbudaya.info untuk informasi lokasi Chapter lain di Indonesia.

15. Lalu sekolah saya di sini? Kami akan meminta kamu untuk mengajukan cuti sekolah bila sudah mendapatkan penempatan. AFS adalah school based program, tetapi bukan academic oriented program. Kami meminta setiap siswa pertukaran yang sudah menyelesaikan program dengan Bina Antarbudaya untuk kembali ke sekolah masing-masing dan meneruskan proses edukasi mereka sembari membagikan pembelajaran dan pemahaman budaya lewat keseharian di lingkungan terdekat termasuk sekolah.

16. Apa program ini diketahui oleh Dinas Pendidikan? Ya. Kami secara resmi menginformasikan perihal program ini kepada Departemen Pendidikan Nasional karena program ini berbasis sekolah, sesuatu yang berhubungan erat dengan Depdiknas. Namun, karena sifat Bina Antarbudaya sebagai yayasan independen, kami tidak tertaut dengan institusi mana pun sehingga pelaksanaannya dilakukan secara mandiri.

Nah, udah ngerti kan ? masih ada pertanyaan ? kamu boleh tanya2 ke kantor Bina Antarbuday Nasional atau Chapter terdekat di kota kamu. and feel free to contact me at twitter @aryaondrio fb : 'arya ondrio.

Good Luck ya !
(copy from babjakarta.org) 

4 comments:

  1. maksudnya akselerasi SMP itu misalnya SMPnya cuma dua tahun apa gitu? klo kayak gitu boleh ke Amerika gak?

    ReplyDelete
  2. klo akselerasi SMP maksudnya cuma dua tahunan gitu? klo kayak gitu boleh ke amerika gak?

    ReplyDelete
  3. Halo kak!

    Sebelumnya saya ucapkan selamat karena sudah menjadi YES student =D


    Nama saya Shamira umurnya 15 sekarang lagi duduk di kelas 10 SMA.


    Saya emang udah punya rencana dari selesai UN untuk bersekolah di luar negeri. Saya akan mengikuti YES program tahun ini kak, doakan ya kak.


    Kebetulan lagi cari-cari info tentang YES nih kak, saya udah email ke kakak ya pertanyaan-pertanyaan nya email saya shamira_andalusia@yahoo.com

    Tolong ya kak dibalas dan bantu saya :)

    Terima kasih kak

    ReplyDelete